Bernanke Menekankan Suku Bunga Tetap Rendah Untuk Waktu Yang Lama

pidato bernankeFederal Reserve tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga jangka pendek, bahkan setelah tingkat pengangguran turun tajam, kata Ben Bernanke pada hari Rabu.

Fed telah menetapkan tingkat ambang pengangguran sebesar 6,5% untuk kenaikan suku bunga pertama dari tingkat mendekati nol saat ini yang telah di tempat sejak Desember 2008. Bank sentral telah melakukan penekanan bahwa indikator tersebut terpisah dari program pembelian obligasi. Tingkat pengangguran sebesar 7,6% pada bulan Juni.

Bernanke mengatakan bank sentral tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku setelah ambang tercapai.

“Tidak akan ada peningkatan otomatis suku bunga ketika pengangguran menyentuh angka 6,5%,” kata Bernanke dalam sesi tanya jawab dari pidato para ekonom.

“Mengingat lemahnya pasar tenaga kerja, dan inflasi rendah mungkin juga kadang-kadang setelah kita memukul 6,5% sebelum tarif mencapai setiap tingkat yang signifikan,” tambah Bernanke.

Saham berjangka AS naik pada komentarnya, dengan kontrak S & P 500 naik menjadi 0,76% dari 0,7%.

Ketua Fed menarik perbedaan yang jelas antara pembelian aset dan kenaikan suku bunga.

Tujuan dari pembelian aset adalah untuk memberikan beberapa momentum ke depan pada perekonomian, kata Bernanke.

Ian Shepherdson, kepala ekonom AS di Pantheon Makroekonomi, mengatakan ia memperkirakan bulan September meruncing setelah Bernanke berbicara.

Bernanke memang membuat beberapa komentar yang cukup lunak.

Dia mengatakan bahwa terlalu dini untuk mengatakan apakah ekonomi telah melewati headwinds dari kebijakan fiskal dan mengatakan Amerika masih menghadapi “risiko signifikan”

Dia juga mengatakan bahwa tingkat pengangguran mungkin diakibatkan oleh kondisi pasar tenaga kerja yang lemah.

Dan dia menekankan bahwa Fed prihatin dengan tingkat inflasi yang sangat rendah saat ini.

“Jika inflasi tidak naik lebih dekat dengan target bank sentral 2%, itu akan menjadi alasan yang baik untuk tetap akomodatif,” katanya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*