Bitcoin Dijadikan Komoditas Oleh Bank Sentral Finlandia

bitcoinBitcoin tidak memenuhi definisi mata uang atau bahkan bentuk pembayaran elektronik di Finlandia, di mana bank sentral malah memutuskan untuk mengkategorikan perangkat lunak sebagai komoditas.

“Mengingat definisi mata uang resmi sebagaimana diatur dalam undang-undang. Bitcoin bukan merupakan alat pembayaran, karena hukum menetapkan bahwa alat pembayaran harus memiliki penerbit yang bertanggung jawab untuk operasi,” kata Paeivi Heikkinen, kepala pengawasan Bank Sentral Finlandia di Helsinki.”

Finlandia adalah negara terbaru untuk mencoba datang mengatasi kemunculan mata uang virtual yang tidak dikendalikan oleh bank sentral atau pemerintah. Regulator di Eropa telah memperingatkan risiko yang terkait dengan penggunaan perangkat lunak tersebut sebagai pengganti uang riil, pemerintah sedang berjuang untuk merancang kerangka kerja untuk melindungi konsumen dan bisnis dari potensi kerugian mereka tidak memiliki sarana hukum recouping.

Di wilayah Nordic, pemerintah Norwegia juga telah memutuskan Bitcoin tidak memenuhi syarat sebagai mata uang, sedangkan di Denmark pengawas keuangan mengatakan itu menyusun rekomendasi untuk anggota parlemen tentang bagaimana memperlakukan Bitcoin dan pesaingnya.

Secara global, Bitcoin telah mendapat sambutan beragam tetapi bank sentral China melarang pemberi pinjaman dari penanganan uang virtual. The US Internal Revenue Service tidak menawarkan panduan tentang Bitcoin dan bahwa ia telah memantau mata uang digital dan transaksi seperti ini sejak tahun 2007. Sementara itu, calon Senat Texas, Steve Stockman adalah menerima Bitcoin sumbangan kampanye.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*