Bursa Saham Asia Bergerak Liar

saham asia 2Bursa Asia bergerak liar pada transaksi perdagangan hari ini (30/7). Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 10.06 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun kurang dari 0,1% menjadi 133,13. Padahal, pada transaksi sebelumnya, indeks acuan di kawasan regional ini sempat naik 0,2%.

Sementara itu, indeks Topix naik 0,1%, indeks Nikeki 225 Stock Average Jepang turun 0,3%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,4%, dan indeks NZX 50 Selandia Baru turun 0,3%. Sedangkan pasar saham di China dan Hong Kong belum dibuka.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Asia. Beberapa di antaranya yakni: Fanuc Corp yang turun 1,1% di Tokyo dan Toyota Motor Corp naik 1,4% di Tokyo.

Pergerakan fluktuatif bursa Asia dipengaruhi sentimen dari Jepang di mana salah satunya adalah pelemahan yen sebesar 0,1% versus si hijau. Pada tiga hari terakhir, posisi yen terus menguat.

Selain itu, ada pula data tingkat pengangguran Jepang yang turun dari 4,1% pada Mei menjadi 3,9% pada Juni. Hal itu di bawah prediksi sejumlah ekonom yang disurvei Bloomberg yang mematok angka 4%. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*