Core CPI Jepang November Naik Lurus Pada Energi Dan Travel

konsumer jepangTOKYO ( MNI ) – Indeks harga konsumen Jepang dari Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi dirilis Jumat :

Indeks harga konsumen inti Jepang (tidak termasuk barang tahan lama tapi termasuk energi) naik 1,2 % pada bulan November dan menandai kenaikan tertinggi dalam lima tahun sejak bulan Oktober 2008, ketika biaya energi sebentar mendorong CPI.

Laju kenaikan dipercepat karena perusahaan telah melewati biaya impor lebih tinggi dari makanan olahan dan beberapa komponen energi pada konsumen di tengah melemahnya yen . Harga yang lebih tinggi dari liburan tur di luar negeri terus mendorong CPI sementara premi asuransi properti dan kecelakaan sekarang menunjukkan kenaikan tajam setelah markup pada bulan sebelumnya . Semakin melemahnya yen dibandingkan dengan tingkat tahun sebelumnya mendorong biaya impor. Energi naik 7,5 % pada bulan November, dipimpin oleh bensin dan minyak pemanas, setelah naik 7,0 % pada bulan Oktober.

CPI tidak termasuk makanan dan energi, ukuran ketat untuk menilai apakah deflasi berkurang, naik 0,6 % pada tahun pada bulan November, naik untuk bulan kedua berturut-turut setelah naik 0,3 % pada bulan Oktober dan menjadi tidak berubah pada bulan September.

Permintaan domestik yang solid terus mendukung CPI . Harga elektronik konsumen barang tahan lama ( TV, perekam digital, komputer pribadi, dll ) naik 1,7 % pada tahun pada bulan November, kenaikan pertama dalam dua bulan setelah jatuh 0,9 % pada bulan Oktober. Akomodasi biaya sekarang naik 1,6 % setelah tergelincir 0,3 % pada bulan sebelumnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*