Data Harga Jerman Membawa Kekhawatiran Deflasi Zona Euro

supermarket di jermanUkuran inflasi Jerman yang terpantau cermat melambat tajam pada bulan Desember menjadi 1,2 %, menambah kekhawatiran tekanan deflasi di seluruh Eropa.

Para ekonom mengatakan perlambatan itu sebagian karena perubahan dalam metodologi namun jumlahnya masih mungkin menambah tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk mengambil beberapa tindakan dalam mencegah ancaman deflasi.

Indeks harmonisasi harga konsumen ( HICP ) – ukuran inflasi yang digunakan oleh ECB – menunjukkan inflasi melambat menjadi 1,4 % dari tahun ke tahun pada bulan Desember, perkiraan konsensus dalam jajak pendapat para ekonom Reuters dan turun dari 1,6 % di bulan November.

Data pada hari Selasa diperkirakan akan menunjukkan inflasi zona euro stabil pada 0,9 % pada Desember untuk bulan kedua. Sebuah penurunan ke 0,7 % pada bulan Oktober mendorong penurunan suku bunga.

Negara-negara zona euro lainnya menderita di bawah inflasi harga target.

“Kesenjangan antara Jerman dan zona euro tidak lagi cukup besar untuk menyebabkan “sakit kepala” untuk kebijakan ECB,” kata Holger Schmieding di Berenberg Bank, mengacu pada kebijakan suku bunga yang cocok dalam pandangan ECB.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*