Diversifikasi Mata Uang Dolar AS Berlanjut

euro koinBank-bank sentral yang menandakan kepercayaan mereka dalam pemulihan ekonomi global, sekali lagi melakukan diversifikasi cadangan mata uang mereka jauh dari dolar AS sebagai kepemilikan secara keseluruhan yang naik ke rekor $ 11,4 triliun.

Greenback (dolar AS)  menyumbang 61.44 % dari uang yang dipegang oleh bank sentral di kuartal ketiga tahun 2013, turun dari 61,76 % pada periode sebelumnya dan merupakan penurunan pertama dalam hampir setahun, kata IMF dalam data yang dipublikasikan 30 Desember.

“Anda akan melihat diversifikasi cadangan menggeliat lagi,” Kevin Hebner, ahli strategi valuta asing di New York pada JPMorgan Chase & Co mengatakan dalam sebuah wawancara telepon 2 Januari. “Tampaknya masuk akal bahwa kita melihat peningkatan alokasi terhadap euro ke depan, serta dolar Kanada dan Australia dan IMF kategori lain.”

Ekonomi global meningkat sebesar 2,49 % dari bulan Juli sampai September, laju tercepat sejak kuartal pertama 2012, sedangkan strategi yang disurvei Bloomberg memprediksi pertumbuhan ekonomi AS akan mendekati tingkat ini tahun terakhir terlihat sebelum krisis keuangan global. Membaiknya prospek membantu ayunan lembab nilai tukar mata uang, dengan Indeks Volatilitas global FX JPMorgan jatuh dari satu tahun mencapai tinggi pada bulan Juni.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*