ECB Melirik Pemulihan Zona Eropa Yang Sedang Berlangsung

zona eropaBank Sentral Eropa, melirik tanda-tanda tentatif pemulihan ekonomi zona Eropa yang diharapkan dapat menjauhkan diri dari keputusan besar pada hari Kamis dan menjaga kebijakan uang yang mudah di tempat.

Ini akan kontras dengan rencana oleh Federal Reserve AS untuk mulai meningkatkan stimulus ekonomi.

Di Eropa, langkah seperti itu masih jauh dan pembuat kebijakan ECB telah keluar dari jalan mereka untuk meyakinkan para investor bahwa mereka tidak akan mengikuti Fed dalam waktu dekat yang berusaha untuk menenangkan pasar.

Tapi seperti Amerika Serikat, di mana pemulihan jauh lebih maju, ada tanda-tanda perbaikan untuk pertumbuhan. Jadi, daripada memompa uang lebih banyak ke dalam perekonomian, ECB kemungkinan akan mempertahankan suku bunga pada rekor rendah yaitu 0,5 persen.

Suku bunga tersebut akan bertahan di sana sampai setidaknya akhir tahun depan, ungkap jajak pendapat Reuters dari ekonom.

“Kami tidak mengharapkan respon terobosan kebijakan (pada pertemuan ECB hari Kamis),” kata Nomura ekonom Nick Matthews. “Saat ini data yang masuk akan dipandang sejalan dengan skenario garis dasar (pemulihan ringan) dan akan terus memberikan beberapa ruang untuk ECB.”

Inflasi zona Eropa tahunan naik tipis lebih dekat ke target ECB berturut-turut di bulan kedua yang mencapai 1,6 persen pada bulan Juni, sementara aktivitas manufaktur Eropa menunjukkan tanda-tanda kestabilan, namun tingkat pengangguran masih tetap tinggi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*