Ekonom : Mario Draghi Mungkin Akan Mengambil Tindakan Terhadap Ancaman Deflasi

European Central Bank President Draghi gestures during the monthly ECB news conference in FrankfurtMario Draghi mungkin akan mengambil tindakan dalam waktu dua bulan terhadap ancaman deflasi, kata ekonom.

Hampir dua pertiga dari responden pada Survei Bulanan Bloomberg memprediksi Presiden Bank Sentral Eropa akan melonggarkan kebijakan pada bulan Juni. Dari mereka ekonom, hanya di bawah setengah mengatakan ia mungkin menerapkan beberapa langkah-langkah mulai dari pemotongan suku bunga untuk pembelian aset dan pinjaman jangka panjang.

Dengan inflasi kawasan euro pada terlemah dalam lebih dari empat tahun, Draghi mengatakan ia memiliki dukungan bulat dari pembuat kebijakan untuk langkah-langkah konvensional jika diperlukan. Meski begitu, baru-baru ini pejabat komentar acara belum menyetujui di mana alat untuk digunakan, pengaturan mereka untuk mendiskusikan apakah untuk mengambil lompatan belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam pelonggaran kuantitatif atau bergantung pada inisiatif yang lebih kecil dan lebih bertarget.

“Mayoritas anggota ECB tidak ingin turun besar-besaran aset – pembelian rute,” kata Frederik Ducrozet, seorang ekonom di Credit Agricole CIB di Paris.” Mereka akan membuang semua pilihan yang mudah mereka sebelum pergi ke bazoka dari QE, dan akan melihat apakah mereka cukup. Dan sementara itu, mereka akan terus berbicara tentang QE.”

Draghi sedang berjuang untuk memerangi kelemahan dalam tekanan harga yang mengancam untuk merusak pemulihan kawasan euro. Harga konsumen di wilayah 18 negara naik 0,5 % pada bulan Maret dari tahun sebelumnya, laju paling lambat sejak Oktober 2009 dan jauh di bawah tujuan ECB hanya di bawah 2 %.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*