Ekonomi Inggris Tumbuh Dengan Cepat Pada Tahun 2013

Commuters cross London bridge in central LondonEkonomi Inggris tumbuh tahun lalu pada laju tercepat sejak krisis keuangan, data resmi menunjukkan pada hari Selasa, memunculkan pertanyaan tentang berapa lama Bank Sentral Inggris dapat mempertahankan suku bunga pada rekor rendah.

Kantor Statistik Nasional setempat melaporkan bahwa pembatasan konstruksi dan ekstraksi minyak dan gas, semua sektor utama ekonomi di Inggris diperluas dalam tiga bulan terakhir pada tahun 2013, merupakan yang terbaik sejak 2007.

Ekonomi dari kuartal ke kuartal terus tumbuh 0,7 % dari Oktober sampai Desember. Hal tersebut merupakan kemajuan besar dibanding tahun 2012 sebesar 0,3 %. Ini menjadi pertanda baik untuk 12 bulan mendatang dan harus meningkatkan posisi pemerintah hanya lebih dari satu tahun sebelum pemilihan nasional.

Data juga menunjukkan lebih banyak spekulasi tentang kapan Bank akan menaikkan suku bunga. Spekulasi tersebut sudah didorong oleh penurunan tajam tingkat pengangguran pada ambang batas 7 % di mana bank telah mengatakan akan mempertimbangkan arah masa depan kebijakan moneter.

“Kami memperkirakan Bank akan mulai mendaki gunung pada kuartal kedua tahun 2015, mengingat perubahan yang kuat dalam ekonomi dan pasar tenaga kerja,” kata Blerina Uruci, seorang ekonom di Barclays. “Kenaikan secepat pada tahun 2014 terlalu dini dalam lingkungan saat ini dengan kondisi tekanan inflasi yang terjaga dan pemulihan risiko yang mencekik.”

Sebuah jajak pendapat dari para ekonom Reuters pekan lalu menunjukkan peluang 30 % Bank akan menaikkan suku bunga dari rekor rendah mereka 0,5 % tahun ini.

Gubernur Bank Mark Carney mengatakan tidak ada kebutuhan untuk tarif naik dalam waktu dekat dan Bank sendiri telah memperkirakan pertumbuhan kuartal keempat hanya di bawah 1 %.

Total output Inggris masih 1,3 % di bawah puncak krisis keuangan negara maju lainnya. Inflasi telah jatuh ke target BoE sebesar 2 % untuk pertama kalinya selama empat tahun.

Tapi tingkat pengangguran telah jatuh jauh lebih cepat daripada perkiraan Bank pada bulan Agustus, dan akan meningkatkan prospek bahwa tekanan inflasi jangka panjang mungkin membangun perekonomian.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*