Ekspor Jepang Melonjak Dengan Hasil Terbesar Semenjak 2010

ekspor jepangEkspor Jepang (JNTBEXPY) melonjak dengan hasil terbesar  sejak 2010 pada bulan Juli,hal tersebut membantu upaya Perdana Menteri Shinzo Abe untuk mendorong pemulihan ekonomi bahkan ketika  meningkatnya biaya energi yang menyebabkan  defisit perdagangan.

Hari ini  Departemen Keuangan mengatakan Ekspor meningkat 12,2 % dari tahun sebelumnya setelah naik 7,4 % pada bulan Juni. Impor naik 19,6 %, menyebabkan  defisit perdagangan sebesar 1,02 triliun yen (US $ 10.5 M), itu adalah terbesar ketiga apabila ditelusuri kembali sejak 1979. defisit melebar dari bulan  Juni sebesar 944 miliar yen (data musiman).

Ekspor yang lebih kuat menunjukkan ekonomi Jepang mulai mendapatkan keuntungan dari pemulihan order yang berasal  dari  AS dan Eropa, dan penurunan nilai tukar  yen  sebesar 11 % terhadap dolar tahun ini. Kesehatan ekonomi akan menjadi kunci untuk keputusan Abe di bulan depan pada untuk menaikkan pajak penjualan hingga 8 % pada bulan  April dari 5 % saat ini, langkah yang akan mengurangi  pada sector konsumsi sementara di sisi lain akan  mendukung keuangan negara.

Melemahnya nilai tukar  mata uang akan menguntungkan perekonomian karena akan membantu perusahaan di sektor otomotif dan teknologi informasi, “kata Hiroaki Muto, ekonom di Sumitomo Mitsui Asset Management di Tokyo. “Aku tidak begitu khawatir tentang defisit perdagangan karena cepat atau lambat harga energi akan jatuh dan volume ekspor akan meningkat sebagai efek dari  ekonomi global yang membaik.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*