Euro Berada Di Level Tertinggi Dalam Hampir Tiga Minggu

tumpukan usdAngka pertumbuhan ekonomi zona Euro lebih baik dari perkiraan, membantu mendorong euro ke level tertinggi dalam hampir tiga minggu terhadap dolar AS pada hari Jumat karena investor bertaruh pada tindakan Bank Sentral Eropa untuk mencegah deflasi bulan depan.

Mata uang tunggal naik setinggi $ 1,3715 setelah pertumbuhan yang sedikit lebih kuat dari yang diperkirakan di Jerman dan Perancis mendorong GDP zona euro kuartal keempat naik 0,3 %, di atas perkiraan 0,2 %.

Dolar lemah setelah data AS lebih lembut dari perkiraan pada hari Kamis.

Data zona euro kemungkinan akan membantu mengurangi ekspektasi bahwa ECB akan memangkas suku bunga pada pertemuan bulan depan, setelah Presiden Mario Draghi pekan lalu menyatakan informasi lebih lanjut diperlukan sebelum memutuskan tindakan apapun.

Minggu ini anggota Dewan Eksekutif ECB Benoit Coeure mengatakan ide pemotongan tingkat ECB membayar bank untuk menahan deposito mereka semalam ke wilayah negatif adalah “pilihan yang sangat mungkin”.

“Ketika Anda melihat data pertumbuhan yang lebih baik pasar cukup hanya berpikir ada sedikit kesempatan deflasi dan sedikit kesempatan untuk Draghi mengambil tindakan, yang merupakan mata uang-mendukung,” kata Jane Foley, ahli strategi mata uang senior di Rabobank.

Dia bilang dia mengharapkan ada tindakan dari ECB bulan depan karena akan memakan Draghi “beberapa bulan setidaknya” untuk menilai data inflasi.

“Euro harus tetap didukung dengan baik. Jika kita mendapatkan beberapa minggu lagi data benar-benar buruk AS, yang bisa mempromosikan ide bahwa Fed (menghentikan meruncing stimulus obligasi membeli nya), dan euro bisa sampai di sana (di $ 1,37- 1.40). ”

Euro menggoda dengan level $ 1,37, bagian atas harian Ichimoku cloud, ukuran teknis yang signifikan bagi chartists sebagai tutup diatas level tersebut bisa dilihat sebagai mengirimkan euro lebih tinggi.

Dag Muller, analis teknis di SEB di Stockholm, menunjuk ke tingkat kunci untuk euro di $ 1,3740 dan $ 1,3562.

“Ini ($ 1,3740) adalah titik di mana orang-orang yang ingin perdagangan euro-dolar di sisi pendek akan menyerah,” katanya.
“Tapi kalau rusak rendah $ 1,3562 Rabu maka beruang euro-dolar akan mulai tersenyum lagi.”

Euro juga membantu sebagai spread antara US Treasuries 2 tahun dan 2 tahun obligasi Jerman menyempit.

Hasil panen yang terbebani oleh penjualan ritel AS, yang turun tak terduga pada Januari, sementara lebih banyak orang Amerika mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu, tanda-tanda terbaru ekonomi terbesar dunia mulai tahun pada pijakan yang lebih lembut karena cuaca buruk mengambil korban.

Indeks dolar turun ke level terendah dari 80,065, terendah sejak awal tahun, dan terakhir di 80,094, turun 0,3 %, menjelang University of Michigan sentimen membaca kemudian pada hari Jumat.

Dolar turun 0,3 % terhadap yen pada 101,82 ¥.

Kelemahan greenback datang meskipun kesaksian baru ketua Federal Reserve Janet Yellen pekan ini bahwa bank sentral berada di jalur untuk terus mengurangi stimulus meskipun pemulihan pasar tenaga kerja masih jauh dari selesai.

“String yang baru-baru ini indikator yang lebih buruk dari perkiraan dari AS mempertanyakan skenario pemulihan di sana,” kata Marshall Gittler, kepala strategi FX global IronFX global.

Dolar Australia berada di fokus setelah itu turun satu sen penuh AS pada hari Kamis di tengah data tenaga kerja mengejutkan lemah.

Namun, terus rebound pada hari Jumat, naik 0,6 % menjadi $ 0,9030, dibantu oleh data dari China yang menunjukkan harga konsumen naik 2,5 % pada Januari, luas sejalan dengan ekspektasi.

China adalah pasar ekspor utama Australia dan dolar Aussie sering digunakan sebagai proxy cair untuk taruhan investor pada perekonomian China.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*