Fitch Menilai Positif Kenaikan Rate BI Membuat Perbankan Menjadi Stabil

fitch indonesiaFitch Ratings Indonesia menilai positif terhadap kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) menjadi 6,5 persen karena dapat membuat stabilitas perbankan domestik.

Direktur Fitch Ratings Indonesia, Iwan Wisaksana dalam kajiannya di Jakarta, Senin, mengatakan kenaikan BI rate maka akan membuat risiko gagal kredit mengalami penurunan, dimana dalam beberapa tahun terakhir kredit nasional mulai mengalami peningkatan.

“Selain itu kualitas profil kredit dari perbankan domestik juga akan lebih baik dengan adanya kenaikan BI rate tersebut,” kata dia.

Ia menambahkan Indonesia merupakan salah satu dari lima negara di Asia dengan indikator makro prudensial (MPI) yang berada di skor “3” atau memiliki risiko stress sistemik pada ekonomi yang cukup tinggi.

“Selain itu, bank sentral (Bank Indonesia) juga telah mengambil sejumlah kebijakan dengan prinsip kehati-hatian sebagai antisipasi bila terjadi guncangan terhadap makro ekonomi, khususnya dari sektor pembiayaan konsumen. Seperti keputusan menaikkan persyaratan uang muka kredit kendaraan bermotor dan pemilikan rumah di tahun lalu,” ujar dia.

Ia mengharapkan industri perbankan Indonesia semakin sehat dengan adanya kenaikan BI rate, meskipun di sisi lain, perlambatan kredit perbankan akan mengurangi tingkat keuntungan (profitabilitas) perbankan domestik.

Di sisi lain, Fitch juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan beberapa kebijakan untuk menahan laju inflasi tahunan serta memperkecil defisit terhadap transaksi berjalan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*