“German ZEW Investor Confidence” Turun Pada Bulan Maret

peti kemas di jermanKepercayaan investor Jerman jatuh ke level terendah sejak Agustus karena ketidakpastian politik di Ukraina yang mengancam pemulihan ekonomi di negara terbesar Eropa yang mungkin mendekati puncaknya.

Pusat Riset Ekonomi Eropa, ZEWdi Mannheim mengatakan indeks investor dan ekspektasi analis, yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi enam bulan di muka, merosot ke 46,6 dari 55,7 pada bulan Februari. Hal tersebut merupakan penurunan bulanan ketiga. Para ekonom memperkirakan penurunan ke 52, menurut median perkiraan dari 41 dalam survei Bloomberg News. Indeks itu mencapai tingkat tinggi selama tujuh tahun dari 62 pada bulan Desember.

Sementara pertumbuhan ekonomi Jerman sebesar 0,4 % pada kuartal keempat mampu mengalahkan perkiraan analis, meningkatkan ketegangan dengan Rusia atas penyitaan atas Crimea, perlambatan ekonomi di China. Mitra dagang terbesar Jerman dikawasan EURO sedang berjuang dengan inflasi yang rendah dan mendekati rekor pengangguran bahkan negara-negara pinggiran akan kembali ke pertumbuhan.

“Sentimen mungkin terkena kekhawatiran tentang konflik Ukraina, euro yang kuat, kurangnya pelonggaran kebijakan oleh ECB awal bulan ini dan keraguan tentang kekuatan ekonomi China menyusul serangkaian data mengecewakan dari China,” kata Aline Schuiling, seorang ekonom di ABN Amro Bank NV di Amsterdam. “Meskipun terjadi penurunan, indikator ZEW tetap jauh di atas nilai rata-rata jangka panjang dan pada tingkat yang konsisten dengan pertumbuhan yang kuat dari perekonomian Jerman.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*