Harga Emas Melandai, Menunggu Data Pekerjaan AS

emas batanganHarga kontrak emas dunia turun pada perdagangan Kamis (4/7/2013) waktu setempat.

Mengutip situs Bloomberg, pada pukul 14.36 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran segera turun 0,3 persen menjadi 1.249,31 dollar AS per troy ounce.

Sehari sebelumnya (3/7/2013), harga emas mencatatkan kenaikan sebesar 0,8 persen setelah pada 28 Juni lalu sempat terpuruk hingga ke posisi US$ 1.180,50 per troy ounce, level terendah sejak Agustus 2010.

Penurunan juga terjadi pada harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus sebesar 0,2 persen menjadi 1.249,50 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Penurunan harga emas terjadi karena investor menunggu data tenaga kerja AS yang akan memberikan petunjuk mengenai langkah yang akan diambil the Federal Reserve mengenai program stimulus. Selain itu, harga emas juga tertekan menyusul pelemahan euro yang dipicu oleh langkah Bank Sentral Eropa yang tetap menahan suku bunga rendah untuk beberapa waktu ke depan.

“Pasar tenaga kerja AS menjadi fokus utama dari keputusan the Fed terkait program pembelian obligasi bulanannya,” jelas Andrey Kryuchenkov, analis VTB Capital di London.

Sekadar tambahan informasi, berdasarkan hasil survei Bloomberg, data tenaga kerja AS meningkat sebanyak 165.000 orang pada bulan lalu, dari posisi 175.000 pada Mei.

sumber

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*