Harga Minyak Dunia Melambung Membuat Mata Uang Rupiah Melemah

idr melemahNilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Senin pagi bergerak melemah dipicu kembali meningkatnya harga minyak dunia yang menembus 100 dolar AS per barel.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore bergerak melemah sebesar lima poin menjadi Rp9.945 dibanding posisi sebelumnya Rp9.940 per dolar AS.

“Harga minyak dunia di atas 100 dolar AS per barel akan kembali membuat investor cemas dengan masih negatifnya performa neraca perdagangan Indonesia,” kata Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan kinerja rupiah juga masih dibayangi oleh kekhawatiran potensi pengurangan stimulus moneter Federal Reserve paska membaiknya kondisi sektor tenaga kerja AS.

Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih menambahkan pasar keuangan Asia berpotensi melemah merespon perbaikan data ketenagakerjaan AS, kondisi itu memberi peluang besar dilakukan pengurangan program pengurangan stimulus keuangan.

“Sedangkan rupiah juga berpotensi melemah terhadap dolar AS, namun masih dalam dengan penjagaan Bank Indonesia,” kata dia.

Ia menambahkan pelemahan rupiah juga karena tekanan permintaan valuta asing yang besar untuk repatriasi aset seperti pembagian deviden, keuntungan dari pemodal asing, pembayaran utang luar negeri terutama utang swasta, dan keluarnya modal asing dari pasar obligasi dan saham senilai total empat miliar dolar AS.

Ia mengatakan cadangan devisa (cadev) untuk bulan Juni juga tercatat sebesar 98,1 miliar dolar AS, turun hampir tujuh miliar dolar AS dari posisi bulan Mei sebesar 105,1 miliar dolar AS

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*