Indonesia Antisipasi Pemangkasan Stimulus The FED

hatta rajasaThe Federal Reserve terus memangkas stimulusnya. Kondisi ini diakui Menko Perekonomian Hatta Rajasa bakal berdampak terhadap emerging market, termasuk Indonesia.

Dia menyatakan pemerintah telah mengantisipasi kemungkinan pemangkasan stimulus The Fed. Adapun yang harus dijaga Indonesia saat ini bukan hanya soal current account, tapi juga capital account. “Tapi investasi kita cukup baik, cukup kita jaga,” ujarnya, Kamis (20/3/2014).

Buktinya, lanjut Hatta, capital outflow yang terjadi di 2013, sudah kembali setidaknya 25 % membanjiri Indonesia. “Jadi, kita cukup baik. Walaupun kita harus hati-hati karena tekanan atau situasi itu masih ada,” pungkasnya.

Namun saat ditanya paket kebijakan ekonomi ketiga akan dikeluarkan, Hatta belum bisa memastikan. Paket kebijakan tersebut diharapkan bisa membantu mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia, meskipun kondisi global tengah goyah.

Sebelumnya, Bank Sentral mengatakan akan melanjutkan pemotongan kucuran stimulus pembelian obligasi. Nilai pemangkasan pun meningkat dari 10 miliar dollar AS menjadi 55 miliar dollar AS.

The Fed berpendapat ekonomi Amerika saat ini cukup kuat untuk memperbaiki pasar kerja domestik. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*