Inflasi Zona Euro Melambat 0,5 Persen Di Bulan Maret

saham eropa 34Inflasi zona euro melambat ke level terendah lebih dari empat tahun di bulan Maret, menurut estimasi pertama harga konsumen di wilayah ini diterbitkan Senin oleh Eurostat, menambahkan tekanan ekstra kepada Bank Sentral Eropa yang sedang mempersiapkan diri untuk pertemuan kebijakan bulanan minggu ini di Frankfurt.

Indeks harmonisasi kawasan euro dari harga konsumen melambat ke laju tahunan sebesar 0,5 % untuk bulan Maret, dari pembacaan akhir dari 0,7 % bulan Februari, Eurostat memperkirakan. Kecepatan Maret adalah yang paling lambat tercatat di zona euro sejak Desember 2009. Analis yang disurvei oleh MNI mengharapkan kilasan perkiraan sebesar 0,7 %.

Tingkat inti inflasi untuk bulan Maret, yang tidak termasuk energi, makanan dan alkohol dan harga tembakau, juga melambat 0,2 poin persentase menjadi 0,8 %, Kata Eurostat.

Sementara perekonomian daerah menunjukkan tanda-tanda lanjutan perbaikan, paling terutama melalui data PMI ke depan dari Markit Economics yang memiliki menunjukkan pembacaan pertumbuhan komposit selama sembilan bulan berturut-turut, yang terus-menerus kekuatan mata uang tunggal dan implikasi ke bawah untuk daerah inflasi telah mengganggu Governing Council selama beberapa bulan.

“Nilai tukar bukan target kebijakan bagi kami,” kata Presiden ECB Mario Draghi selama jumpa pers rutin di Frankfurt awal bulan ini. “Tapi nilai tukar sangat penting bagi pertumbuhan dan stabilitas harga. Jika kita melihat kembali ke palung nilai tukar pada tahun 2012 dan kemudian kita melihat pertukaran Tingkat hari ini dan kami bertanya pada diri sendiri berapa banyak ini dihitung dari inflasi yang rendah yang kita lihat hari ini, kita datang dengan angka yang kira-kira 0,4 persen poin. Saya pikir saya akan kembali ke ini jika saya memiliki pertanyaan tentang inflasi, tetapi itu adalah pernyataan penting tentang bagaimana nilai tukar bisa mempengaruhi kami Tujuan stabilitas harga.”

Dalam perkiraan kuartalan reguler , diterbitkan selama kebijakan yang sama pertemuan pada tanggal 6 Maret , staf ECB memangkas perkiraan inflasi untuk 2014 ke titik tengah 1,0 % dari 1,1 % diperkirakan pada bulan Desember tahun lalu . Untuk tahun 2015, Staf melihat inflasi sebesar 1,3 % , tidak berubah dari prediksi bulan Desember.

The ECB Staf juga mengatakan mereka mengharapkan inflasi inti – termasuk energi dan harga pangan – untuk tetap berada di atas angka headline , naik dari 1,1 % tahun ini 1,4 % pada 2015 dan 1,7 % pada tahun 2016.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*