Kebijakan Draghi Berikutnya Untuk Mempermudah Likuiditas

Mario Draghi-euroSelanjutnya langkah kebijakan moneter Bank Sentral Eropa akan menjadi salah satu non-standar, ekonom mengatakan.

Sementara hampir tiga dari empat dari mereka memprediksi Presiden Mario Draghi akan mengungkap langkah likuiditas baru seperti operasi refinancing jangka panjang, mayoritas peramal mengatakan suku bunga tidak berubah pada paruh pertama tahun 2015, menurut survei terpisah oleh Bloomberg News.

ECB, yang telah mempertahankan suku bunga acuan pada rekor rendah 0,5 % sejak Mei, yang menilai opsi-opsi untuk mendasari pemulihan yang baru lahir di wilayah euro sebagai dampak keraguan bank dalam memberikan pinjaman. Draghi telah memicu ekspektasi putaran pinjaman baru jangka panjang dengan mengatakan ECB siap untuk bertindak sesuai dan diperlukan.

“Selama indikator lembut meningkatkan dan data keras berikut sesuai, tidak ada alasan bagi ECB untuk menurunkan tingkat suku bunga, ” kata Carsten Brzeski , ekonom senior di ING Groep NV di Brussels.” Sebuah LTRO baru bisa membunuh beberapa burung dengan satu batu : bisa memecahkan kemacetan likuiditas mungkin, bisa menurunkan suku pasar uang dan , di atas semua, akan membantu mengunci ekspektasi pasar.”

Dalam survei dari 43 ekonom pada pilihan likuiditas, 74 % mengatakan ECB akan mengungkap langkah baru dan 25 ekonom mengatakan operasi refinancing jangka panjang yang disebut adalah instrumen kemungkinan. Dalam sebuah survei terpisah dari 46 ekonom, 89 % mengatakan suku bunga acuan bank sentral akan tetap pada tingkat saat ini, dengan sisanya mengatakan itu akan dipotong seperempat poin.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*