Kenaikan Rate Mata Uang Turki Memudar, Fokus Pada Bank Sentral S.Africa

turkiDorongan terhadap lira Turki dari putaran kenaikan suku bunga besar dengan cepat memudar pada hari Rabu , sementara rand jatuh sebagai fokus pasar beralih ke keputusan kebijakan moneter karena di kemudian hari di Afrika Selatan dan dari Federal Reserve AS.

Biaya asuransi utang Turki jatuh dan baru-baru ini obligasi dolar negara itu menguat setelah bank sentral mendongkrak semua suku bunganya pada hari Selasa.

Dampak langsung terbesar dari langkah itu terasa pada lira, yang awalnya naik lebih dari 3 % namun kemudian menuju tertinggi pada 2,22 pukul 10:50 GMT, masih naik hampir 1 % pada hari itu.

“Tingkat Turkish bergerak lebih agresif dari banyak orang yang diharapkan. Itu adalah bagian yang baik dari cerita,” kata Ulrich Leuchtmann, kepala riset mata uang di Commerzbank di Frankfurt.

“Tapi pasar harus memaksa kegiatan ini. Masih ada ketakutan di pasar bahwa bank sentral tidak memiliki fungsi reaksi.”

Langkah bank sentral Turki mengikuti lira sell – off besar-besaran yang disebabkan oleh prospek penurunan stimulus AS yang telah tersedot kas investor dari negara-negara berkembang yang paling rentan . Investor menganggap suku bunga riil di pasar ini terlalu rendah untuk mengimbangi pertumbuhan risiko ekonomi dan politik.

Menteri Keuangan Turki Mehmet Simsek ditujukan salah satu keprihatinan mereka pada hari Rabu , mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak akan rusak parah akibat kenaikan suku bunga dan bahwa masih terlalu dini untuk menyesuaikan perkiraan pemerintah pertumbuhan 4 % tahun ini.

Kenaikan suku bunga mengikuti langkah serupa di seluruh dunia berkembang, dengan India tak terduga menaikkan suku minggu ini dan Brazil dan Indonesia sudah dalam mode pengetatan kebijakan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*