Kepercayaan Investor Jerman Meningkat untuk Tiga Tahun Ke Tertinggi

kepercayaan investor jermanKepercayaan investor Jerman naik ke level tertinggi selama lebih dari tiga tahun pada bulan September yang  menandakan optimisme bahwa ekonomi terbesar Eropa akan terus tumbuh di tengah pemulihan global.

Pusat ZEW untuk Riset Ekonomi Eropa di Mannheim mengatakan indeks investor dan analis harapan yang bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi enam bulan di muka, naik menjadi 49,6 dari 42 pada bulan Agustus. Itulah level tertinggi sejak April 2010. Para ekonom memperkirakan pada angka 45, nilai tengah dari 37 perkiraan dalam survei Bloomberg News.

Jerman bersiap untuk manfaat dari meningkatnya permintaan untuk produk-produknya setelah 17-negara kawasan euro, mitra dagang terbesar, keluar dari resesi terpanjang yang pernah memblok mata uang. Menguatnya pertumbuhan di AS dan China, ekonomi terbesar dunia, juga meningkatkan kepercayaan, seperti Jerman memasuki minggu terakhir kampanye untuk pemilihan parlemen. Pada saat yang sama, Bank Sentral Eropa telah berulang kali memperingatkan bahwa pemulihan zona euro yang rapuh.

“Perekonomian di Jerman dan kawasan euro berada di jalan menuju pemulihan,” kata Thilo Heidrich, seorang ekonom di Deutsche Postbank AG (DPB) di Bonn. “Tanda-tanda yang menguntungkan bagi kemajuan dalam kebangkitan ekonomi. Namun, dengan mata pada masalah struktural yang ada dalam banyak negara euro, kami berfikir bahwa pemulihan ini akan menjadi sulit dan panjang. “

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*