Klaim Pengangguran Mingguan AS Turun Membuat Harga Emas Tambah Kuat

kilau emasEmas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik untuk sesi keempat berturut-turut pada Kamis (13/3/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB), berakhir di tingkat tertinggi baru dalam enam bulan terakhir.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 1,9 dollar AS atau 0,14 % menjadi di 1.372,4 dollar AS per ounce.

Data ekonomi AS yang dirilis Kamis mendukung harga emas. Klaim pengangguran mingguan AS turun ke tingkat terendah tiga bulan terakhir 315.000 dan penjualan ritel AS naik 0,3 % pada Februari, kenaikan pertama dalam tiga bulan terakhir.

Namun demikian, data ekonomi AS yang positif mengalah terhadap meningkatnya ketegangan di Ukraina dan data ekonomi suram dari China. Analis pasar percaya bahwa Ukraina merupakan faktor utama penahan harga emas jatuh.

Produksi industri China pada Januari-Februari naik 8,6 % tahun ke tahun, lebih rendah dari harapan pasar sebesar 9,5 % dan penjualan ritel naik 11,8 % tahun ke tahun, gagal memenuhi perkiraan kenaikan 13,5 %.

Analis khawatir bahwa perlambatan ekonomi di China dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global.

Beberapa analis pasar berpendapat bahwa emas dapat mempertahankan tren kenaikan dengan latar belakang politik saat ini, sementara yang lain bersikeras emas tidak mungkin untuk naik lebih jauh kecuali berdiri di atas 1.376 dollar per ounce.

Sementara perak untuk pengiriman Mei turun 16 sen atau 0,75 % menjadi ditutup pada 21,198 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 3,1 dollar AS atau 0,21 % menjadi ditutup pada 1.479,4 dollar AS per ounce.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*