Mata Uang Yuan Menguat Terhadap Dolar AS

Mata uang yuan China menguat dan berhasil melampaui 6,10 per dolar Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir. China Foreign Exchange Trade System menunjukkan, nilai tukar yuan naik 0,06% menjadi 6,0992 per dolar pada pukul 10:18 waktu Shanghai.

Nilai tukar yuan sempat menyentuh 6,0979 sebelumnya , level terkuat sejak China umumkan nilai tukar pasar akhir tahun 1993 lalu. Penguatan yuan terjadi setelah China dan Inggris sepakat memperdagangkan yuan dan pound Inggris.

Selain itu, China juga menyetujui 80 miliar yuan (US$ 13 miliar) untuk investor London yang ingin membeli aset-aset domestik China. “Inggris menunjukkan kesediaannya untuk internationalisasi yuan, ” kata Banny Lam, kepala penelitian Agricultural Bank of China International Securities Ltd kepada Bloomberg di Hong Kong.

Banny bilang, investor berharap China terus membukukan perbaikan data ekonomi yang kuat. Jika itu terjadi, maka China akan menarik dana yang ada di AS yang saat ini masih sibuk mencari jalan keluar untuk menaikkan plafon utang.

Terakhir, mata uang yen sempat menguat dan diperdagangkan di bawah 6,1 per dolar AS pada 27 Desember 1993. Namun, yuan sempat melemah ke posisi 8,7217 per dolar AS pada 6 Januari 1994, setelah mekanisme nilai tukar baru diterapkan.(sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*