Mayoritas Saham Asia Jatuh, Investor Cemas

saham asia 15Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia bergerak turun pada transaksi pagi ini (9/10). Ambil contoh, saham SoftBank Corp yang turun 4,2% di Tokyo, Mizuho Financial Group Inc turun 2,4% di Tokyo, dan Newcrest Mining Ltd turun 0,9% di Sydney.

Kondisi itu menyebabkan indeks acuan Asia ikut melempem. Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.34 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3% menjadi 138,01. Sepuluh sektor yang terhimpun dalam indeks MSCI Asia memberikan sinyal merah.

Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan bursa Asia adalah belum adanya kesepakatan antar pemangku kebijakan di AS terkait plafon utang sehingga dapat memicu terjadinya default atas utang AS.

“Pelaku pasar tidak menyukai belum adanya keputusan dan perdebatan pada tubuh pemerintah. Partai-partai politik bersiap menggunakan kesepakatan sebagai alat tawar menawar. Tentu saja kondisi ini menyebabkan investor cemas,” jelas Angus Gluskie, managing director White Funds Management di Sydney.

Faktor lainnya adalah Badan Moneter Internasional (IMF) memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi global. IMF beralasan, arus dana asing yang mengalir ke emerging market akan semakin melemah. IMF juga bilang, default atas utang AS dapat memberikan dampak serius bagi ekonomi dunia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*