Menkeu : Defisit Neraca Pembayaran Dan Inflasi Berhasil Diturunkan

chatib basriEkonomi Indonesia yang sebelumnya berada pada situasi sulit akibat kondisi perekonomian global dan faktor ekonomi domestik yang menyebabkan sering dikeluarkannya serangkaian kebijakan pemerintah dalam hal menjaga perekonomian agar tetap stabil. Kini telah kembali percaya diri, terbukti dengan penguatan mata uang rupiah.

Menteri Keuangan M. Chatib Basri dalam kuliah umum di Australia National University hari Jumat (21/2/2014) mengatakan, “Defisit neraca pembayaran dan tingkat inflasi berhasil diturunkan, nilai tukar rupiah menunjukkan tren penguatan, sementara pertumbuhan ekonomi tercatat masih cukup tinggi”.

Banyak hal yang harus dilakukan Indonesia untuk lebih serius dalam melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, dan reformasi kelembagaan jika ingin berkembang menjadi negara maju.

Dalam konteks hubungan dengan Australia, Menkeu menyampaikan bahwa kedua negara memiliki potensi yang besar untuk membangun kemitraan ekonomi dan memainkan peran dalam rantai jaringan global.

“Sumber daya manusia, infrastruktur, dan aspek kelembagaan merupakan tiga hal yang harus dilakukan untuk memastikan ekonomi Indonesia terus tumbuh di masa mendatang,” tambah Chatib Basri.

Kunjungan Menkeu ke Australia kali dalam rangka menghadiri pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota G-20 yang diselenggarakan di Sydney, 22-23 Februari 2014.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*