Meski Naik Tipis, Wall Street Toreh Rekor Baru

wallstreetMayoritas saham yang diperdagangkan di bursa AS mencatatkan kenaikan. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor’s 500 naik 0,1% menjadi 1.682,5 di New York. Dengan demikian, indeks S&P 500 sudah mencatatkan reli untuk hari ke delapan.

Kondisi serupa juga dialami indeks Dow Jones Industrial Average yang naik 0,1% menjadi 15.484,26. Kedua indeks acuan AS ini sama-sama menorehkan rekor baru. Transaksi tadi malam melibatkan 4,9 miliar saham, di mana angka tersebut 25% di bawah volume transaksi rata-rata tiga bulanan.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya yakni: Citigroup Inc yang naik 2%, Leap Wireless International Inc naik 3,5%, dan Beoing Co naik 3,7%.

Kenaikan tipis bursa AS disebabkan oleh adanya sentimen berikut. Pertama, kinerja Citigroup Inc yang melampaui estimasi pelaku pasar. Namun, hal itu dibayangi oleh data penjualan ritel yang kenaikannya di bawah ramalan ekonom yakni sebesar 0,4% pada Juni lalu.

“Fokus kita saat ini berada pada kinerja. Citigroup merilis kinerja yang cukup baik hari ini (15/7) dan ada pertanyaan apakah kinerja emiten dapat mengerek pasar saham lebih tinggi lagi. Sepertinya, itu fokus jangka pendeknya,” jelas James Gaul, portfolio manager Advisors LLC di Boston.

Sekadar tambahan informasi, indeks S&P 500 ditutup pada level rekor pada akhir pekan lalu setelah Pimpinan the Federal Reserve Ben S Bernanke menyokong penggelotoran stimulus.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*