Pemerintah Pusat Tak Melakukan Intervensi Dalam Bentuk Apapun

rupiah vs dolar usMenteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan pemerintah pusat tak melakukan intervensi dalam bentuk apapun, untuk memperkuat nilai mata uang rupiah. Ada beberapa sebab yang membuat nilai tukar rupiah kembali bergairah di pasar.

“Tidak ada (intervensi) dari pemerintah,” ujar Hatta ditemui dalam acara diskusi Kalam Salman ITB di Rumah Dinasnya, Senin (10/3/2014).

Hatta menjelaskan mata uang rupiah mengikuti fundamentalnya. Pasalnya pasar juga memberikan persepsi yang positif kepada nilai mata uang rupiah, karena beberapa regulasi yang ditetapkan pemerintah.

“Terutama paket kebijakan kita, yang berjalan dengan sangat baik,” jelas Hatta.

Hal yang kedua membuat rupiah menguat, menurut Hatta, adalah pasar melihat bagaimana pemerintah mengatasi current account defisit. Meski, pada bulan kemaren ini mengalami defisit neraca perdagangan, tapi pasar merespon dengan baik.

“Kita bisa lihat, sebetulnya kita mengatur semua permasalahan itu dengan baik,” ungkap Hatta.

Akhir pekan lalu nilai tukar rupiah terus mengalami penguatan terhadap mata uang dollar AS). Pada perdagangan akhir pekan ini, Tercatat rupiah ditutup berada di level 11.422 dollar AS atau menguat 50 poin pada penutupan perdagangan di hari sebelumnya. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*