Pernyataan Mark Carney Langsung Mendapat Respons Positif

poundsPernyataan Mark Carney sebagai Gubernur BoE kemarin (jumat, 27 September 2013) langsung menuai respons pasar finansial Inggris.

Mata uang Inggris, Poundsterling, langsung menguat terhadap dollar AS dan diperdagangkan 1,6087 dollar AS pada Jumat (27/9/2013) pukul 11.44 di bursa London, naik 0,3 % dari hari sebelumnya.

“Akan sangat sulit bagi BoE untuk me-restart QE, sementara data ekonomi menunjukkan penguatan seperti itu. Kita mungkin akan melihat beberapa revisi perkiraan bank pada November mendatang,” kata Simon Wells, Ekonom dari HSBC Holdings Plc berbasis di London.

Pada kuartal ketiga tahun ini, ekonomi Inggris tumbuh 0,7 % didorong oleh meningkatnya belanja konsumen, mengimbangi penurunan investasi di sektor bisnis.

Carney, mantan eksekutif Goldman Sach yang “dibajak” dari Bank Sentral Kanada pada musim gugur lalu oleh kanselir George Osbome itu, menambahkan, pemulihan yang berkelanjutan akan tergantung pada tahapan masyarakat dalam meraih pendapatan dan pekerjaan.

Komite Kebijakan Moneter BoE bulan ini mengambil suara bulat untuk mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor rendah 0,50 %.

Suku bunga BoE berada di level 0,50 sejak Maret 2009, ketika bank sentral ini juga memulai skema stimulus pelonggaran kuantitatif (QE).

BoE juga menetapkan kebijakan untuk memelihara stok pembelian obligasi bank sentral senilai 375 miliar pound atau setara 604 miliar dollar AS.

Komite Kebijakan Moneter BoE telah berjanji tidak melakukan perubahan tingkat suku bunga utama, setidaknya sampai angka pengangguran turun di level 7 % dari 7,7 % saat ini.

“Ini adalah kebijakan untuk Inggris secara keseluruhan dan intinya adalah bahwa masyarakat memahami bahwa

Comments