Pertumbuhan Ekonomi Inggris Yang Belum Direvisi Naik Terimbas Investasi Bisnis

Shoppers walk along Oxford Street in central LondonSebuah pick-up dalam investasi bisnis membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Inggris dengan kuat selama tiga bulan terakhir tahun 2013, tanda bahwa pemulihan ekonomi meluas.

Produk domestik bruto naik 0,7 % pada kuartal keempat, Kantor Statistik Nasional mengatakan, direvisi dari perkiraan sebelumnya dan sejalan dengan perkiraan.

Sementara pengeluaran rumah tangga telah mendorong kemajuan sejauh ini dan naik 0,4 % pada kuartal yang kuat, sedangkan data terbaru menunjukkan investasi bisnis naik 8,5 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang merupakan kemajuan tercepat sejak kuartal pertama 2012.

ONS mengatakan pengeluaran rumah tangga dan perdagangan bersih juga memberikan kontribusi yang kuat terhadap pertumbuhan pada kuartal keempat.

Bank Sentral Inggris  mengharapkan sebuah pick-up dalam investasi bisnis pada tahun 2014, sesuatu yang dilihatnya sebagai sesuatu yang penting untuk mengamankan pemulihan ekonomi dan membantu memacu pertumbuhan yang sudah lama ditunggu-tunggu dalam produktivitas.

Gubernur BoE Mark Carney telah mempertanyakan keandalan data investasi bisnis ONS, mengatakan survei lain telah menyarankan pertumbuhan yang lebih kuat dalam pengeluaran oleh perusahaan.

Dengan beberapa minggu sebelum pemerintah mengumumkan anggaran tahunannya pada 19 Maret – hampir setahun sebelum pemilu berikutnya – kemajuan dalam investasi bisnis akan pelampung menteri keuangan George Osborne.

Osborne awal bulan ini menekankan perlunya ekspor manufaktur yang lebih, dan mengatakan pertumbuhan ekonomi negara tidak bisa hanya bergantung pada konsumen atau Kota London.

Data Rabu mengambil pertumbuhan Inggris setahun penuh untuk 2013 hingga 1,8 %, dari hanya 0,3 % tahun sebelumnya. Ini adalah yang tertinggi sejak 2007, meskipun total output masih 1,4 % di bawah puncak krisis keuangan sebelumnya dicapai dalam tiga bulan pertama tahun 2008 – sebuah situasi yang lebih lemah daripada di hampir semua negara maju besar lainnya.

Survei bisnis telah menyarankan momentum di balik pemulihan sebagian besar telah dilakukan melalui ke bulan pertama 2014.

Pada kuartal keempat, perdagangan bersih menyumbang 0,4 poin persentase pertumbuhan setelah menjadi tarik pada kuartal ketiga.

Output dalam sektor jasa Inggris – yang membuat lebih dari tiga perempat dari GDP – naik 0,8 % pada kuartal keempat, tingkat pertumbuhan yang sama pada kuartal ketiga.

Output industri adalah 0,5 % lebih tinggi, sementara pembangunan – yang menyumbang kurang dari 7 % dari PDB – diperluas sebesar 0,2 %.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*