Pertumbuhan Pasokan Uang Zona Euro Melambat Tajam

euroPertumbuhan pasokan keuangan di zona euro melambat tajam pada bulan Desember dan pinjaman ke sektor swasta dilanjutkan, menempatkan tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk mengambil tindakan segar untuk melawan ancaman deflasi.

Dengan tingkat inflasi zona euro yang berjalan dengan baik di bawah target, ECB tegas menggarisbawahi tekad awal bulan ini untuk mengambil tindakan menaikkan suku bunga pasar uang.

Data yang dirilis oleh ECB pada hari Rabu menunjukkan bahwa ukuran supply keuangan M3 untuk zona euro tumbuh pada laju tahunan 1,0 %, melambat tajam dari 1,5 % di bulan November.

ECB telah memangkas suku bunga ke rekor terendah dan mengumumkan program pembelian obligasi yang baru, tetapi langkah-langkah sejauh ini belum berhasil memberikan pinjaman kepada ekonomi riil .

“Pertumbuhan uang beredar sangat rendah dan mengurangi pada bulan Desember menunjukkan bahwa zona euro yang mendasari tekanan inflasi tetap membisu dan sangat terus membuka kemungkinan bahwa ECB akan mengambil tindakan lebih lanjut perihal stimulus,” Kata Draghi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*