Pesanan Industri Jerman Bulan Januari Meningkat 1,2 %

A plant belonging to Germany's largest drugmaker Bayer is seen in LeverkusenPesanan industri Jerman naik 1,2 % pada Januari, hampir dua kali lipat dari perkiraan, karena kedua pasar domestik dan ekspor memberikan momentum, memperkuat harapan perekonomian Jerman akan menyingkirkan kelemahan yang dideritanya pada tahun 2013 .

Peningkatan order diterbitkan oleh Kementerian Perekonomian pada hari Kamis mengalahkan konsensus dalam jajak pendapat Reuters dari 33 ekonom untuk kenaikan bulanan musiman disesuaikan dari 0,7 % setelah penurunan direvisi naik dari 0,2 % pada Desember.

“Perintah Industrial memulai tahun baru dengan baik. Momentum terkuat datang dari luar negeri, baik dari dalam dan luar zona euro. Permintaan domestik juga berkembang secara positif,,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Jerman membukukan 2013 pertumbuhan hanya 0,4 % – ekspansi terendah sejak krisis keuangan. Survei terbaru menunjukkan sentimen konsumen dan moral bisnis cerah, menunjukkan ekonomi akan mendapatkan momentum pada awal 2014, namun ekonom cemas untuk data keras untuk mendukung hal ini diberikan ekspor, output industri dan pesanan semua jatuh pada bulan Desember.

“Data hari ini mengirim dua pesan penting bagi prospek pertumbuhan Jerman. Istilah dekat terlihat sangat cerah dan industri produksi harus mendapatkan momentum lebih lanjut. Untuk mempertahankan momentum ini ke jangka panjang, bagaimanapun , perekonomian membutuhkan permintaan domestik lebih, ” kata ekonom ING Carsten Brzeski.

Pesanan dari dalam Jerman naik 0,9 % rata-rata pada bulan Desember dan Januari dibandingkan dengan periode dua bulan sebelumnya , sementara pesanan asing untuk barang Jerman naik 2,2 %. Permintaan untuk barang modal dan barang konsumsi sangat kuat.

Ekonomi terbesar di Eropa, yang secara tradisional berorientasi ekspor, berjuang untuk mendapatkan traksi tahun lalu karena pelemahan ekonomi global dan karena permintaan domestik menyeret pada pertumbuhan pada kuartal keempat.

Para ekonom memperkirakan ekspansi sekitar 1,8 % pada tahun 2014, mencerminkan pickup bertahap di seluruh dunia.

Indeks Pembelian Manajer ( PMI ) Data awal pekan ini menunjukkan aktivitas manufaktur yang solid dan pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan output jasa mendorong sektor swasta untuk tingkat tercepat dari ekspansi dalam hampir tiga tahun pada bulan Februari.

Data terpisah yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ekspor Jerman naik 1,9 % pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya, dengan ekspor ke zona euro naik 3,3 %.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*