Saham Asia Turun – Menjelang Voting Crimea. Data Manufaktur Cina Anjlok

saham asia 59Saham Asia jatuh, indeks  regional menuju  kemerosotan mingguan yang dulu pernah terjadi pada bulan  Mei 2012, sementara emas naik dengan risiko obligasi China yang sedang goyah. Gandum menuju kenaikan mingguan kedua sebelum voting  Crimea yang akan memisahkan diri dari  Ukraina.

Indeks MSCI Asia Pacific turun  1,6 % pada pukul 13:03 di Tokyo, dan menjadi  penutupan terendah sejak 10 Februari. Sebuah laporan untuk manufaktur  Cina di Hong Kong menuliskan terjadi penurunan  20 % dari 2 Desember,  sementara Tencent Holdings Ltd anjlok 5 % setelah keluarnya kabar bahwa  bank sentral China menghentikan beberapa bentuk pembayaran elektronik. Nikkei 225 Stock Average turun 2,8 % karena saat ini sedang mengalami kenaikan  yen mingguan terbesar sejak 24 Januari. Biaya asuransi obligasi Asia-Pasifik dari default melonjak 4 basis poin. Emas naik ke level tertinggi enam bulan sementara tembaga menuju kemerosotan mingguan terbesar sejak April.

$ 1,2 triliun telah ditarik  dari saham global pekan ini, karena data ekonomi China yang kurang mampu memenuhi perkiraan, dan juga mulai terlihat  tanda-tanda perbaikan dalam ekonomi AS. Crimea akan melakukan voting tanggal  16 Maret untuk menjadi wilayah yang  independen atau bergabung kembali dengan Rusia, dan  Amerika Serikat begitu juga  Jerman mengancam Moskow dengan sanksi atas dukungannya untuk memisahkan diri tersebut.

“Ada sangat sedikit keraguan bahwa perekonomian China akan melalui perlambatan struktural,” kata Matthew Sherwood,kepala penelitian investasi pasar di Perpetual Ltd yang berbasis di Sydney membantu mengelola dana sekitar $ 25 miliar   “

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*