Tingkat Inflasi Indonesia Membaik, Kemungkinan Rupiah Capai Rp 11.060 / USD

anton gunawanNilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sudah mengalami penguatan jauh-jauh hari sebelum Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan akan mencalonkan diri menjadi presiden Republik Indonesia.

“Rupiah menguat itu jauh sebelum pengumuman Jokowi yang akan mencalonkan diri menjadi presiden”, kata Pengamat Ekonomi Anton Gunawan, saat ditemui dalam acara Bank Dunia, di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, Selasa, 18 Maret 2014.

Menurut Anton, membaiknya nilai tukar Rupiah salah satunya dikarenakan curent account deficit terus mengalami penyempitan dan membaiknya tingkat inflasi. Pemerintah telah berhasil mempersempit defisit tersebut dan menstabilkan tingkat inflasi dengan berbagai cara.

Anton menilai, dengan membaiknya kondisi ekonomi sekarang ini maka akan sulit untuk Rupiah berada di level Rp12.500 dalam waktu dekat ini. Kemungkinan besar nilai tukar Rupiah mendapat tekanan di level Rp11.500 hingga level Rp12.000. Pemerintah perlu menjaga hal tersebut dengan berbagai cara.

“Tapi, hati-hati karena current account deficit belum oke banget. Karenanya, mungkin akhir tahun di level Rp11.060. Masih ada sedikit ekulibirium value“, pungkas Anton. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*