Abe: Pajak Penjualan Jepang Naik Tahun Depan

Shinzo AbePerdana Menteri Jepang Shinzo Abe memutuskan tahun depan akan menaikkan pajak penjualan (sales tax) Jepang. Namun, Abe juga berencana meluncurkan paket stimulus senilai 50 miliar dollar AS untuk menghindari ancaman terhadap proses pemulihan ekonomi negaranya.

Jiji Press dan kantor berita Kyodo melaporkan, Kamis (12/9/2013), Abe bermaksud menaikkan pajak penjualan, dari 5 % saat ini menjadi 8 % pada April 2014. Sebelumnya Abe sudah mendapat otorisasi dari palemen, yang memberikannya kewenangan melakukan langkah saat ekonomi dinilai cukup kuat.

Pajak tersebut rencananya juga masih akan dinaikkan lagi menjadi 10 % pada Oktober 2015. Namun belum ada laporan lebih lanjut, apakah rencana pada 2015 ini tetap akan dilakukan.

Stimulus

Jiji dan Kyodo mengatakan Abe juga berencana menggurukan stimulus senilai 5 triliun yen, setara dengan 50 miliar dollar AS. Jiji tidak menyebutkan sumber informasi yang dikutip, sementara Kyodo menyebutkan informasi datang dari “sumber” yang dekat dengan Abe.

Kenaikan pajak dinilai penting untuk menutup utang nasional yang mengejutkan. Nilai utang Jepang saat ini merupakan yang terburuk di antara negara-negara industri, yaitu mencapai dua kali size ekonominya.

Namun, ada juga kekhawatiran bahwa pajak yang tinggi juga bakal memukul permintaan konsumen dan merembet ke pemulihan ekonomi Jepang yang sekian lama mandek. Data terbaru memperlihatkan Jepang sudah berada di jalur pemulihan ekonomi yang solid.(sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*