Bank Finlandia : Inflasi Zona Euro Bisa Tetap Rendah Lebih Lama Dari Yang Diharapkan

Mario Draghi-euroInflasi di zona euro bisa tetap rendah untuk lebih lama daripada yang diperkirakan sebelumnya, berpotensi menyebabkan kesulitan dalam menyeimbangkan perekonomian, Bank of Finland mengatakan dalam buletin kuartalan.

Inflasi tahunan di blok turun kembali menjadi 0,7 % pada Februari ke tingkat yang memicu pemotongan mengejutkan suku bunga pada bulan November, menggarisbawahi risiko deflasi.

Bank Sentral Eropa, yang menargetkan inflasi mendekati tetapi di bawah 2 %, meninggalkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan terbaru pada tanggal 6 Maret. Ini mempertimbangkan risiko zona euro deflasi sebagai ” sangat terbatas “, presiden Mario Draghi mengatakan awal bulan ini.

Anggota Finlandia ECB Governing Council Erkki Liikanen mengatakan pada hari Senin bank akan mempertahankan suku bunga rendah baik ke pemulihan zona euro karena pengangguran yang tinggi dan fakta bahwa banyak pabrik yang berjalan dengan baik di bawah kapasitas.

Liikanen, yang juga gubernur bank sentral Finlandia, mengatakan ECB bisa melangkah untuk menopang perekonomian jika diperlukan.

“Dewan Pengurus siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut yang menentukan,” katanya. Liikanen disebut tekanan inflasi “moderat”.

Inflasi zona Euro telah berada di apa yang disebut Draghi “zona bahaya ” dari bawah 1 % selama lima bulan dan bank sentral kecewa pasar bulan ini ketika menolak untuk menurunkan suku bunga dari saat ini 0,25 % atau mengambil langkah-langkah lain untuk meningkatkan perekonomian.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*