Bukan Rahasia : Cina Memiliki Masalah Utang Yang Berkembang

usd-yuanEkonomi terbesar kedua di dunia telah berjuang untuk menangkap utang pemerintah lokal, hasil dari kredit yang mudah dan putaran setelah stimulus.

Meskipun sulit untuk mengukur skala masalah, sebuah laporan lembaga pemerintah baru-baru ini mungkin menjadi titik terang. The Chinese Academy of Social Sciences memperkirakan utang pemerintah daerah mencapai Y 19,94 triliun ($ 3,3 trilyun) pada akhir 2012. Rekening utang pemerintah daerah untuk sebagian besar total utang pemerintah, yang diharapkan telah mencapai Y 27,7 triliun ($ 4,56 triliun) atau sekitar 53 % dari PDB negara.

Laporan ini menempatkan utang lokal di dua kali lipat pada tiga tahun yang lalu, ketika Cina lalu melakukan audit utang nasional. Hasil audit utang pemerintah terbaru, diluncurkan pada bulan Juli, belum dirilis.

Untuk saat ini, utang pemerintah lokal China masih lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara maju lainnya, seperti AS, Inggris, Perancis, Jepang, Jerman dan Spanyol. Walaupun demikian yang menakutkan adalah di mana utang itu menumpuk dengan cepat. Kenaikan Cina dalam utang pemerintah daerah merupakan bagian dari masalah yang lebih besar – ledakan kredit saat pemerintah daerah meminjam untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur besar untuk memerangi pelambatan ekonomi.

Sementara pemerintah Cina telah berulang kali mengatakan tingkat utang dapat dikelola, menyelesaikan masalahnya menjadi bagian terpenting.¬† Seorang ekonom dari Societe Generale, Wei Yao mengatakan : “Beijing baru-baru ini diidentifikasi dalam hal penanganan utang sebagai tujuan kebijakan utama. Pada pertemuan ekonomi pada bulan Desember, pemerintah terus bersikap hati-hati dalam mengambil kebijakan moneter untuk tahun 2014 dan mengatur manajemen risiko utang sebagai salah satu tugas kebijakan utama.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*