Data Aktivitas Manufaktur Di China Lemahkan Wallstreet

Wall-StreetBeberapa saham di Wall Street mengalami penurunan menjelang tutup pada hari Jumat pagi WIB, menyusul laporan tentang aktivitas manufaktur di China yang lemah dan sejumlah laba terbaru perusahaan AS tak bergairah.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 175,99 poin (1,07 %) menjadi 16.197,35. Indeks berbasis luas S&P 500 jatuh 16,40 poin (0,89 %) menjadi 1.828,46, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 24,13 poin (0,57 %) menjadi 4.218,87.

Indeks pembelian manajer (PMI) sektor manufaktur China dari HSBC turun menjadi 49,6, di bawah 50 batas antara pertumbuhan dan kontraksi, meningkatkan kekhawatiran tentang prospek ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Data China terjadi di tengah sejumlah laporan laba perusahaan AS yang bervariasi dengan laba yang kuat dari Netflix diimbangi dengan hasil mengecewakan dari Lockheed Martin dan lain-lain.

Michael James, direktur pelaksana perdagangan saham di Wedbush Securities, mengatakan data manufaktur baru China, yang sementara mengkhawatirkan, adalah “hanya satu data.”

Mace Blicksilver, direktur Marblehead Asset Management, mengatakan, perdagangan Kamis bisa mengawali kemunduran lebih kuat jika data China menunjukkan masalah ekonomi yang lebih mendalam. “Hanya waktu yang akan memberitahu,” kata Blicksilver.

Penurunan saham didampingi oleh lonjakan harga surat utang negara (Treasury) AS yang Blicksilver sebut bagian dari paket perdagangan yang sama.

“Anda memiliki saham-saham lemah dan pertumbuhan yang lemah, potensi masalah nyata di China dan Anda akan mendapatkan pelarian ke pasar obligasi,” katanya.

Perusahaan-perusahaan yang terhantam keras termasuk bank seperti JPMorgan Chase turun 1,9 % dan Citigroup turun 2,3 %, serta produsen logam Freeport-McMoRan Copper & Gold turun 2,4 % dan Dow Chemical turun 2,1 %.

Saham perbankan dan material biasanya naik ketika keadaan ekonomi membaik dan jatuh saat ekonomi yang lebih luas melemah.

Kontraktor pertahanan Lockheed Martin jatuh 3,9 % setelah labanya 1,50 dollar AS per saham gagal memenuhi harapan 1,95 dollar AS per saham.

Sementara Netflix melonjak 16,5 % setelah laba kuartalannya naik menjadi 48 juta dollar AS dibandingkan dengan delapan juta dolar AS pada tahun lalu. Perusahaan video online streaming ini juga melaporkan lompatan besar dalam jumlah pelanggannya.

Pasar daring (online) eBay naik 1,0 % setelah mengumumkan bahwa aktivis investor Carl Icahn telah mengambil saham di perusahaannya dan menganjurkan spin-off (pemisahan) unit pembayaran PayPal. EBay mengatakan akan menentang usulan Icahn.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*