Ekonom: Rate BI Perlu Naik 0,5%

orang-orang yang pergi ke bank indonesiaEkonom menilai bahwa Bank Indonesia (BI) perlu untuk menaikkan lagi BI rate hingga 50 basis pain.

“Karena kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat meninggikan inflasi. Maka BI rate perlu naik lagi menjadi 6,5%,” sebut Ekonom PT Bank Tabungan Negara Tbk, Agustinus Prasetyantoko, kepada KONTAN, Jumat, (5/7).

Ia membandingkan kenaikan BBM kali ini dengan yang terjadi di tahun 2008. Saat itu, inflasi bahkan melonjak hingga ke titik 11%. Untuk menyelamatkan Rupiah, BI rate pun naik 100 basis poin kala itu.

Agustinus menyadari kenaikan BBM tahun ini tidak akan separah 5 tahun lalu. Namun ia melihat saat ini kondisi rupiah melemah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sulit bergerak, dan capital outflow lebih banyak dibanding inflow. Sehingga, suku bunga merupakan hal pertama yang harus dimainkan untuk menjaga stabilitas moneter.

Ia memprediksi kenaikan BBM tahun ini dapat melesatkan inflasi ke posisi 8%-8,2%. Maka dari itu, menurutnya BI perlu menaikkan BI rate lagi supaya perbankan tak turut terpukul.

sumber

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*