Mata Uang Rupiah Melemah Lima Poin Pada Senin Sore Ini

koin rupiahNilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Senin sore bergerak melemah sebesar lima poin menyusul penurunan cadangan devisa Indonesia periode Juni 2013.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore bergerak melemah sebesar lima poin menjadi Rp9.945 dibanding posisi sebelumnya Rp9.940 per dolar AS.

“Cadangan devisa untuk bulan Juni tercatat sebesar 98,1 miliar dolar AS, turun hampir sekitar tujuh miliar dolar AS dari posisi bulan Mei sebesar 105,1 miliar dolar AS,” kata Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin.

Lana mengemukakan penurunan cadangan devisa itu disebabkan tekanan permintaan valuta asing yang besar untuk repatriasi aset seperti pembagian deviden, keuntungan dari pemodal asing, pembayaran utang luar negeri terutama utang swasta.

Selain itu, lanjut dia, juga karena keluarnya modal asing dari pasar obligasi dan saham senilai total empat miliar dolar AS.

Ia menambahkan dari pasar obligasi tercatat dana asing yang keluar sebesar Rp19,98 triliun atau setara dengan dua miliar dolar AS, dan dari pasar saham tercatat keluar sebesar lebih dari dua miliar dolar AS.

“Meski demikian, posisi cadangan devisa itu masih memberikan 5,4 bulan impor dan pembayaran utang pemerintah, masih bisa dianggap aman walaupun cukup sensitif terhadap pergerakan rupiah ditengah penguatan dolar AS saat ini,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra menambahkan tenaga kerja baru AS sebesar 195.000 tenaga kerja untuk bulan Juni 2013, memperkuat spekulasi The Fed akan mengurangi program stimulus moneter pada bulan September mendatang.

“Jumlah tenaga kerja baru menjadi salah satu indikator The Fed untuk mengurangi stimulus moneternya. Akibat spekulasi tersebut mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang dunia menguat,” kata Ariston Tjendra.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Senin tercatat mata uang rupiah bergerak melemah nilainya ke posisi Rp9.960 dibanding posisi sebelumnya Rp9.945 per dolar AS.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*