Nasib Nilai Tukar Rupiah Ditentukan Oleh Pidato Gubernur The Fed

rupiah dolar as Nilai tukar rupiah bakal kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Selasa (11/2/2014). Sentimen masih berujung pada isi pidato perdana Gubernur The Federal Reserve, Janet Yellen.

Indeks volatilitas mata uang utama anjlok ke level terendah dalam lebih dari dua pekan seiring para trader menantikan testimoni pertama Janet Yellen di depan Kongres menyusul angka ketenagakerjaan Januari 2014 yang mengecewakan.

Laju rupiah terimbas rilis kenaikan indeks consumer confidence yang melengkapi rilis data-data positif makroekonomi Indonesia beberapa hari sebelumnya. Kondisi tersebut tak terdampak sentimen negatif dari eksternal.

Beberapa sentimen negatif itu adalah laju poundsterling yang melemah dengan indikasi Bank of England akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuannya di level rendah, dollar Australia yang terdepresiasi seiring ekspektasi pengangguran Australia akan meningkat, dan perkiraan apresiasi yen seiring kabar penurunan industrial production beberapa negara Eropa sehingga meningkatkan aset safe haven.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*