PMI : Pertumbuhan Sektor Swasta Jerman Melambat Pada Bulan Maret

Robot arms work on Porsche Macan's body at the new plant in the eastern German city of LeipzigSektor swasta Jerman tumbuh pada bulan Maret tetapi pada tingkat yang lebih lambat dari bulan sebelumnya ketika kegiatan manufaktur dan industri jasa diperluas kurang dari yang diharapkan, hasil survei menunjukkan pada hari Senin.

Markit awal komposit Purchasing Managers Index ( PMI ), yang melacak aktivitas di sektor manufaktur dan jasa dan mencakup lebih dari dua – pertiga dari ekonomi terbesar zona euro, turun menjadi 55,0 pada bulan Maret dari Februari 56,4, yang merupakan tertinggi dalam lebih dari 2,5 tahun.

“Bahkan meskipun goyangan Maret, Jerman masih sangat banyak ujung tombak kemajuan Eropa,” kata ekonom Markit Chris Williamson.

Markit meramalkan pertumbuhan PDB kuartal pertama di Jerman sebesar 0,7 % setelah 0,4 % dalam tiga bulan terakhir tahun 2013, kata Williamson.

Kekhawatiran tentang krisis Ukraina dan dampaknya terhadap penyediaan bisnis dan energi mungkin memainkan peran dalam penurunan dari bulan sebelumnya, ia menambahkan.

“Semua penting bagi pertumbuhan setahun penuh adalah apakah atau tidak perlambatan meluas ke kuartal kedua. Banyak mungkin tergantung pada Ukraina dan sanksi dan kekhawatiran tentang energi.”

Perkiraan Markit saat ini adalah untuk 2014 pertumbuhan ekonomi Jerman dari 2 %, sedikit di atas perkiraan pemerintah sebesar 1,8 % dan lima kali lipat pada 0,4 % yang terdaftar tahun lalu.

Ekonomi Jerman telah melewati krisis utang di kawasan itu lebih baik daripada rekan-rekan, tetapi telah kehilangan momentum selama dua tahun terakhir. Pertumbuhan terlihat mengambil pada tahun 2014, didorong oleh permintaan domestik.

Data ekonomi baru-baru telah optimis serta survei sentimen memandang ke depan, dengan suasana hati di kalangan konsumen dan bisnis mencapai tertinggi multi- tahun.

Sebuah sub – indeks untuk kegiatan usaha di sektor jasa turun menjadi 54,0 pada bulan Maret dari 55,9 bulan sebelumnya, perkiraan terendah dalam jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom. Perkiraan konsensus telah untuk itu untuk inci ke 55,5.

Sub – indeks untuk sektor manufaktur juga turun, turun menjadi 53,8 dari 54,8 dan undershooting perkiraan konsensus untuk 54,6. Ini adalah angka terendah dalam empat bulan.

Harga output yang stagnan di sektor swasta dan bahkan jatuh di antara produsen untuk pertama kalinya sejak Agustus.

“Fakta kekuatan harga sangat lemah di Jerman pasti akan menjadi perhatian bagi orang-orang yang sudah khawatir tentang tekanan deflasi,” kata Markit Williamson.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*