Saham Asia Jatuh – Hasil Awal Voting Crimea Sekitar 90% Memilih Bergabung Ke Russia

crimea vote

Saham Asia jatuh, dan indeks regional yang terus mengalami penurunan  mingguan terbesar sejak tahun 2012, karena negara-negara Barat yang yang sedang dalam gejolak  voting Crimea untuk bergabung dengan Rusia.

Aeon Co (8267) turun  4,6 % di Tokyo setelah peritel terbesar di Jepang tersebut melaporkan  laba yang kurang memenuhi estimasi. Tencent Holdings Ltd, perusahaan Internet terbesar di Asia, turun 2,5 % di Hong Kong setelah China tidak menyetujui  rencana kartu kredit virtual. Softbank Corp, operator telepon Jepang yang memiliki bagian dari Alibaba Group Holding Ltd, melonjak 5,2 %.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3 % menjadi 133,96 pada pukul  11:17 di Tokyo, dan ini memperpanjang penurunan hingga menjadi   3,5 %. Hasil awal menunjukkan bahwa lebih dari 95 % pemilih di Crimea memilih untuk meninggalkan Ukraina dan menjadi bagian dari Rusia dalam referendum yang dianggap ilegal oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat.

“Hasil referendum Crimea seperti yang sudah di perkirakan , tetapi hal tersebut bisa  membuat  Eropa dan Amerika Serikat akan membebankan  sanksi ekonomi terhadap Rusia,” kata Nobuhiko Kuramochi, kepala informasi investasi di Mizuho Securities Co yang berbasis di Tokyo “Investor akan duduk diam  dan  melihat bagaimana situasi Ukraina selanjutnya. “

Indeks Topix Jepang turun 0,7 %. Indeks Australia S & P / ASX 200 turun 0,1 %. Indeks NZX 50 Selandia Baru dan Indeks Taiex Taiwan sedikit berubah.

Indeks Hang Seng Hong Kong tergelincir 0,1 %, sementara Indeks Hang Seng China Enterprises (HSCEI) naik 0,4 %. Indeks Shanghai Composite naik 0,5 % dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,2 %.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*