Semangat Konsumen Jerman Menyentuh Level Tertinggi Sejak Tahun 2007

People carry purchases outside department store on last day of Christmas shopping in BerlinSemangat konsumen Jerman naik ke level tertinggi dalam tujuh tahun menuju ke Maret saat pembeli dalam perekonomian terbesar di Eropa menjadi lebih optimis tentang pendapatan masa depan mereka.

Kelompok riset pasar GfK mengatakan indikator sentimen konsumen forward-looking Rabu, berdasarkan survei terhadap sekitar 2.000 orang, naik menjadi 8,5 menuju bulan Maret dari revisi 8,3 bulan sebelumnya.

Itu adalah angka tertinggi sejak Januari 2007 dan mengalahkan perkiraan konsensus dalam jajak pendapat para ekonom Reuters untuk 8.2, meningkatkan harapan bahwa permintaan domestik akan mendorong pertumbuhan ekonomi Jerman tahun ini.

“Perkembangan positif ini memberikan dasar yang baik untuk konsumsi swasta terus memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi tahun ini,” kata analis GfK Rolf Buerkl.

Konsumsi swasta disangga pertumbuhan pada tahun 2013, memperluas lebih dari dua kali keseluruhan produk domestik bruto ( PDB ). GfK memprediksi konsumsi swasta akan meningkat sebesar 1,5 % secara riil tahun ini.

Data GDP secara rinci dirilis pada Selasa mengguncang kepercayaan permintaan domestik, yang merupakan pilar utama dari dukungan di sebagian besar 2013, dengan menunjukkan menyeret pada pertumbuhan pada kuartal keempat.

Tapi ekonom mengharapkan permintaan domestik menjadi pendorong pertumbuhan utama lagi tahun ini dan pemerintah mengandalkan itu untuk bahan bakar diperkirakan ekspansi 1,8 % dari ekonomi tradisional berorientasi ekspor sebagai perdagangan luar negeri terlihat meredam pertumbuhan.

Survei GfK menunjukkan konsumen lebih optimis tentang laba masa depan mereka daripada pada setiap titik sejak Januari 2001 karena pasar tenaga kerja yang kuat dan kemajuan ekonomi.

Itu tallies dengan perkiraan pemerintah bahwa pendapatan nominal akan melompat sebesar 2,7 % tahun ini. Sudah ada tanda-tanda positif dalam hal ini, pekerja kimia bulan ini sebelumnya dijamin kenaikan gaji 3,7 % untuk 14 bulan ke depan.

Kesediaan konsumen untuk membeli sedikit menurun pada bulan tapi tetap dekat dengan level tertinggi dalam tujuh tahun sebagai tingkat catatan kerja dan suku bunga rendah mendorong Jerman tradisional hemat untuk menghabiskan daripada menyimpan.

Jerman yang cenderung untuk percikan di perjalanan, liburan dan layanan seperti renovasi dan hemat energi perbaikan daripada barang di toko-toko jalan tinggi tradisional, kata GfK.

Konsumen menjadi sedikit lebih suram tentang prospek ekonomi Jerman, tetapi tetap yakin bahwa mereka telah datang melalui periode kelemahan dan sekarang akan mempercepat.

Ekonomi Jerman, yang telah didukung depan pada awal krisis zona euro, melemah dalam dua tahun terakhir dan tahun 2013 tumbuh dengan kecepatan yang paling lambat sejak krisis keuangan global.

Survei sentimen terbaru lainnya menunjukkan konsumen dan moral bisnis cerah, menunjukkan ekonomi akan mendapatkan momentum pada awal 2014.

Tetapi beberapa ekonom telah menyarankan bahwa ke depan ” lunak” indikator overshoot kinerja aktual, terutama mengingat bahwa data keras terbaru telah menunjukkan ekspor, output industri dan pesanan semua jatuh pada bulan Desember.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*