Tingkat Kepercayaan Bisnis Jerman Jatuh Menjadi 110,7

montir mobilKepercayaan bisnis Jerman jatuh untuk pertama kalinya dalam lima bulan sebagai perusahaan menilai risiko untuk perdagangan dari meningkatnya sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

Indeks iklim bisnis lembaga Ifo, berdasarkan survei terhadap 7.000 eksekutif, turun menjadi 110,7 pada Maret setelah mencapai 111,3 bulan sebelumnya, level tertinggi sejak Juli 2011. Menurut median dari 44 perkiraan dalam survei Bloomberg News penurunan sebesar 110,9.

Sedangkan Bundesbank mengatakan pertumbuhan ekonomi Jerman mungkin diperkuat substansial pada kuartal pertama, prospek terancam oleh meningkatnya ketegangan dengan Rusia dan perlambatan ekonomi di China. Indeks manufaktur dan jasa keluaran Jerman adalah pada tingkat terendah sejak Desember.

“Prospek pertumbuhan Jerman untuk 2014 bisa dirugikan jika ekspor ke Rusia dan Eropa Timur tetap stagnan atau jika perlambatan China dikonfirmasi, ” kata Annamaria Grimaldi , seorang ekonom di Intesa Sanpaolo SpA ( ISP ) di Milan. “Tapi melihat pertumbuhan pada akhir 2013 dan pada awal tahun ini, indikasi tetap positif untuk bulan-bulan mendatang.”

Sebuah ukuran kondisi saat ini naik menjadi 115,2 pada bulan Maret dari 114,4 pada bulan sebelumnya, kata Ifo. Sebuah mengukur ekspektasi turun menjadi 106,4, level terendah sejak Oktober.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*