Bursa Jepang Beragam, Yen Melemah Kembali Terhadap Dolar AS

bursa jepangBursa Jepang dibuka naik pagi ini (2/8). Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.25 waktu Tokyo, indeks Topix naik 1,2% menjadi 1.176,91. Sepanjang minggu ini, indeks Topix sudah naik 0,8%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average melaju 1,1% menjadi 14.161,91. Honda Motor Co yang mendapat sekitar 83 % dari penjualan di luar Jepang, naik 1,5 %. Sony Corp, perusahaan pembuat televisi dan game konsol PlayStation, naik 1,4 % di Tokyo setelah membukukan laba yang mengalahkan perkiraan para analis. Hutchison Whampoa Ltd, yang dikendalikan oleh orang terkaya Asia Li Ka-shing, melonjak 3,4 % di Hong Kong setelah melaporkan laba yang melampaui ekspektasi di tengah pertumbuhan bisnis infrastruktur.

Bursa Jepang mencatatkan kenaikan mingguan pertama dalam tiga pekan terakhir setelah yen mengalami pelemahan terbesar dalam empat bulan. Selain itu, manufaktur AS juga meningkat.

Produksi pabrik dari AS ke China dan Eropa diperluas pada bulan Juli. Sementara klaim pengangguran Amerika turun ke level terendah lima tahun. Data datang dari Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi yang mengatakan suku bunga kemungkinan akan tetap rendah untuk periode yang diperpanjang dan setelah Federal Reserve mempertahankan program pembelian obligasi $ 85 miliar setiap bulan.

“Bursa Jepang terlihat beragam, yang diakibatkan pemulihan ekonomi AS dan pelemahan lanjutan yen. Setelah melakukan aksi beli pagi ini, investor kemungkinan akan menunggu data tenaga kerja AS,” jelas Juichi Wako, equity market strategist Nomura Securities Co.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*