Nilai Tukar Rupiah Rp 11.775 / Dolar AS

tumpukan usdNilai tukar rupiah hari ini membaik di level Rp 11.775 per dollar AS. Meskipun demikian, Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengatakan kondisi ini harus tetap diperhatikan secara cermat.

Chatib memandang membaiknya rupiah karena ada respon positif pasar atas membaiknya neraca pembayaran. Menurutnya, pasar melihat permasalahan terkait defisit transaksi berjalan (current account deficit) perlahan dapat diatasi.

“Data dari perbaikan neraca pembayaran di triwulan IV kemarin, dimana defisit dari neraca pembayaran itu turun menjadi 1,9 % itu kemudian membuat pasar melihat bahwa problem utama Indonesia dalam current account deficit sudah bisa diatasi,” kata Chatib seusai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (19/2/2014).

Kondisi tersebut membuat nilai tukar rupiah menguat pada posisi hari ini. Di samping itu, pasar saham pun ikut menguat sebesar 240 poin dan yield government bond pun turun.

“Tapi saya ingin mengatakan bahwa kita tetap harus hati-hati. Ini tentu perkembangan yang baik, tetapi pemerintah akan terus dengan policy-nya sampai nanti current account deficit itu ada pada kisaran 2 sampai 2,5 %,” jelas dia.

Chatib mengungkapkan bila defisit transaksi berjalan telah berada pada kisaran 2 hingga 2,5 %, maka situasi baru akan dapat dikatakan stabil. Pada akhirnya pemerintahan yang baru nanti akan dapat memiliki ruang untuk pertumbuhan pada tahun 2015 nanti. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*