Pemain Sepak Bola Lionel Messi Diselidiki Melakukan Penipuan Pajak Di Spanyol

lionel messi1Lionel Messi berkata dia hanya mendengar berita tuduhan tersebut dari media.

Pesepakbola Lionel Messi dan ayahnya sedang diselidiki di Spanyol karena diduga menipu negara lebih dari 4m euro (£ 3.4m).

Pemain usia 25 tahun asal Argentina tersebut dan Ayahnya, Jorge Horacio diduga mengajukan pengembalian pajak palsu untuk 2007-2009,  kata para official.

Pemain terbaik dunia itu terkejut dan menyangkal tuduhan yang diberikan.

Dengan gaji bersihnya di Barcelona sekitar 16 m euro dalam satu tahun, membuat Lionel Messi menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

Lionel Messi

Dia juga telah menandatangani sejumlah kontrak kerja senilai jutaan dolar dengan berbagai sponsor utama di seluruh dunia.

Hak citra

Pada hari Rabu, laporan komplain telah ditandatangani oleh jaksa Raquel Amado yang diajukan di gedung pengadilan di Gava –  Barcelona district dimana Messi tinggal.

Hakim di pengadilan harus menerima pengaduan sebelum tersangka dapat dikenakan biaya. Messi dan ayahnya dituduh melakukan  tiga kejahatan penipuan pajak yang berhubungan dengan pendapatan dari penggunaan nama messi. Mereka diduga menggunakan perusahaan di luar negeri – di Belize dan Uruguay – untuk menjual hak penggunaan gambar.

Tuduhannya adalah dengan bantuan perusahaan yang berada di luar Spanyol, di mana dia tinggal dan memainkan sepakbola klub di Spanyol, Messi dan ayahnya menghindari membayar pajak  lebih dari 4m euro di Spanyol.

Jika terbukti bersalah, Messi bisa menghadapi enam tahun penjara dan denda yang besar, menurut kantor berita EFE Spanyol. Menanggapi tuduhan itu, Messi menyatakan terkejut, ia baru mengetahui tentang penyelidikan terhadap dirinya melalui media.

Dia menulis pada halaman Facebook-nya: “Kami tidak pernah melakukan pelanggaran apapun. Kami selalu memenuhi semua kewajiban pajak, mengikuti saran dari konsultan pajak kami yang mengurus pengklarifikasian situasi ini.”
Barcelona FC belum mengomentari tuduhan ini.

Penyelidikan datang dari penguasa Spanyol meningkatkan upaya mereka untuk menekan penggelapan pajak, karena pemerintah mencoba untuk menyeimbangkan anggaran selama krisis ekonomi yang berkelanjutan, wartawan BBC Tom Burridge dalam laporan Madrid.

Terbaik dunia?

Messi, yang berasal dari latar belakang yang sederhana dan telah mengatasi masalah kesehatan yang serius, bergabung dengan Barcelona pada usia 13 tahun pada tahun 2000, dan melakukan debut pertamanya tiga tahun kemudian.

Dia segera menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di tim Catalan, memenangkan kompetisi klub paling bergengsi di Eropa yaitu  Liga Champions sebanyak tiga kali.

Tahun lalu, Messi mencetak rekor 91 gol untuk klub dan negaranya dalam satu tahun.

Empat kali menyandang gelar sebagai Pemain Terbaik Dunia. Saat ini dianggap oleh banyak kalangan sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik yang pernah ada.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*