PMI Manufaktur Cina (HSBC) – Penurunan Pertama Dalam 7 bulan

CHNA_MAN_17_05-776992Dari data yang didapatkan musim ini , Indeks Pembelian HSBC ‘™ (PMI ™) – indikator komposit yang dirancang untuk memberikan gambaran angka dari kondisi operasi dalam ekonomi manufaktur – tercatat berada pada titiki 49,2 pada bulan Mei, turun dari titik 50,4 pada bulan April. Hal ini memperlihatkan terjadinya  penurunan pertama dalam tujuh bulan, meskipun hanya pada kecepatan marjinal

Meskipun kondisi operasi memburuk, produksi manufaktur sedikit meningkat  7 bulan berturut-turut. Di balik ekspansi output, total order baru sedikit mengalami penurunan  untuk pertama kalinya sejak September lalu. Permintaan dari luar negeri juga menurun selama  lebih dari satu bulan, dengan order ekspor saat ini anjlok  untuk bulan kedua. Sejumlah panelis mengatakan terjadi penurunan permintaan dari  klien, khususnya di Amerika Serikat, yang telah menyebabkan pengurangan secara keseluruhan dalam pesanan ekspor.

PMI mnufacturinh china

Jumlah pegawai menurun  untuk bulan kedua berturut-turut di  bulan Mei. Tingkat lapangan pekerjaan juga relaitf sedikit, dan hal ini juga berhubungan dengan  dengan kedua pengunduran diri karyawan dan penyusutan perusahaan. Backlog kerja juga menurun selama bulan, dan pada laju tercepat dalam sembilan bulan.

aktivitas Pembelian di sektor manufaktur menurun pada bulan Mei. Meskipun tingkat penurunan itu hanya sedikit, tapi  itu adalah pertama kalinya aktivitas pembelian menurun sejak September lalu. Akibatnya, stok pembelianpun ikut turun untuk bulan keempat berturut-turut. Penurunan aktivitas pembelian kedua dan stok pembelian dikaitkan dengan penurunan spesifikasi  produksi dari sejumlah perusahaan.

Biaya input menurun secara keseluruhan tiga kali berturut-turut hingga  bulan Mei. Selain itu, tingkat penurunan ini sangatlah tajam. Panelis melaporkan bahwa biaya bahan baku yang lebih rendah, terutama untuk logam, mempercepat naiknya  harga pembelian. Biaya produksi juga menurun tajam selama bulan,

Akhirnya, stok barang sedikit  menumpuk  selama bulan. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa kombinasi output yang lebih tinggi dan order  baru yang sedikit menurun menyebabkan penumpukan  stok  pascaproduksi.

Key point

  • Terjadi penurunan pada order  baru dan order  ekspor
  • Pertumbuhan output dipertahankan, tetapi pada tingkat marjinal
  • Kegiatan Pembelian jatuh untuk pertama kalinya dalam delapan bulan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*