Rupiah Bisa Tembus Rp 15.000 Per Dolar AS? Parah Parah Parah!

rizal ramliMantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli mengkhawatirkan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terus berlanjut.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga Senin sore kembali ditutup melemah di posisi Rp 11.390 per dollar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di Rp 11.150 per dollar AS.

Rizal Ramli khawatir rupiah akan terus anjlok menyentuh Rp 15.000 per dollar AS. Jika itu yang terjadi, Rizal Ramli, mengatakan akan ada 5 group bisnis yang rontok dan menyeret perekonomian seluruh Indonesia.

“Apa saja lima itu saya tidak bersedia menyebutnya. Ini ada bedanya dengan krisis dulu yang semua group bisnis rontok,” kata Rizal Ramli dalam diskusi di gedung DPR/MPR RI Jakarta, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, Presiden SBY dan para menteri ekonomi yang terlalu berkiblat paham ekonomi barat harus jujur apa adanya mengakui kondisi perekonomian saat ini.

“Ceritanya yang apa adanya jangan tipu-tipu publik karena ini persoalan trust (kepercayaan). Pemerintah selalu katakan pertumbuhan ekonomi bagus tetapi faktar sebaliknya tidak begitu,’ kata dia.

Dijelaskan kebijakan ekonomi yang tidak didasari rasa nasionalisme sangat merugikan rakyat terutama petani.

“Pasar yang dikusasi impor, maka petani pun tak lagi mau bertani karena rugi dan tak berdaya. Itulah tujuan neolib. Sehingga ketika devisa negara defisit-berkurang, utang pemerintah dan swasta sama-sama besar, transaksi berjalan minus 9 miliar dollar AS,” kata dia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*