Indeks Konsumen (CPI) Kanada Bulan April 2013 – Terjadi Kenaikan

consumerIndeks konsumen (CPI) Kanada naik 0,4% dalam 12 bulan hingga April, menyusul kenaikan 1,0% pada bulan Maret. Penurunan harga bensin yang sebagian besar berpengaruh pada perbedaan poin 0,6 persen  di CPI dalam 12 bulan.  Penurunan harga untuk kendaraan niaga juga ikut berpengaruh, Harga bensin menurun 6,0% pada pada bulan April (berdasarkan hitungan tahunan ), setelah jatuh 0,3% pada bulan Maret, dan bulan april adalah penurunan harga bensin terbesar berdasarkan hitungan tahunan semenjak bulan oktober 2009, walaupun faktor bensin tidak dimasukan CPI meningkat sebesar 0.8% dalam 12 bulan (hingga bulan april) diikuti peningkatan sebesar 1.1% di bulan Maret

Penginapan dan  makanan adalah kontributor utama atas kenaikan CPI, sedangkan komponen transportasi merupakan kontributor utama dalam penurunan nilai CPI.

Biaya penginapan  meningkat 1,3% dalam 12 bulan hingga April, menyusul kenaikan 1,1% pada bulan Maret. Harga listrik dan sewa tahun maju ke tahun, sementara biaya bunga kredit menurun 4,3%.

Harga pangan meningkat 1,5% pada bulan April (berdasarkan hitungan tahunan) , setelah meningkat 1,8% pada bulan Maret.  Konsumen membayar lebih untuk makanan yang dibeli dari toko, karena harga daging naik 3,2%. Sebaliknya, harga gula dan kembang gula menurun 2,8%.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*