Selamat Datang Shinzo Abe, Perdana Mentri Jepang Baru!

kemenangan shinzo abeAkhirnya yang ditunggu-tunggu oleh warga Jepang, Shinzo Abe telah memenangkan perebutan kursi Perdana Mentri Jepang. Abe memenangkan suara mayoritas di majelis tinggi parlemen dalam pemilu hari Minggu, kemarin (21/7).¬†Abe mendapatkan kepercayaan untuk melakukan kebijakan ekonomi yang dikenal sebagai “Abenomics“.

Kebijakan Abe yang bertujuan mengakhiri deflasi yang berkepanjangan di Jepang dan meningkatkan pertumbuhan. “Kami memenangkan dukungan publik sehingga kami bisa mengejar kebijakan ekonomi kami, dan kami akan pastikan untuk sesuai dengan harapan,” kata Abe NHK setelah ia diproyeksikan untuk menang.

“Kemenangan Abe sudah diperkirakan ,” kata Takuya Takahashi dari Daiwa Securities. Ia menambahkan, investor asing bereaksi positif terhadap prospek pemerintahan yang stabil pertama Jepang sejak 2006.

“Kemungkinan bahwa tidak ada pemilu nasional untuk tiga tahun ke depan merupakan kabar positif. Investor ingin pemerintahan stabil dan mereka menyaksikan bagaimana Abe dapat mengatasi deflasi,” katanya.

NHK mengatakan pada Senin pagi bahwa partai Demokrat Liberal Abe dan mitra koalisinya memenangkan mayoritas nyaman dalam ruangan. Kebijakan Abe telah disambut meriah oleh para investor, terbukti dengan beberapa bursa saham di Jepang mengalami kenaikan. Indeks Nikkei 225 naik 0,8% menjadi 14,691.64, setelah naik 1,2% sebelumnya (kenaikan sebesar 40% pada tahun ini).

Yen juga melemah nilai sekitar 15%, membuat eksportir lebih menguntungkan. Para analis mengatakan, keuntungan di Nikkei dapat diperpanjang tergantung pada apakah reformasi struktural yang dramatis akan pergi ke depan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*